Pengertian Harga OTR Kendaraan BermotorTidak semua pemilik kendaraan mobil maupun mobil paham benar dengan istilah harga OTR atau On The Road. Istilah ini sering kita dengar ketika hendak membeli kendaraan bermotor. Sang sales sebenarnya selalu menjelaskan detail harga , namun kalau calon pembeli sudah kesemsem dengan mobil atau motor idamannya pasti tidak terlalu mendengarkan kata-kata sang sales. Pokoknya berapa harga dan kapan bisa dikirim.

Harga OTR kepanjangan dari Harga On The Road, entah kenapa tidak disulih ke bahasa Indonesia. Maksudnya harga jual kendaraan bermotor lengkap dengan seluruh surat STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan), BPKB (Buku Kepemilikan Kendaraan Bermotor) dan Plat Nomor. Pembeli kendaraan membayar harga OTR maka seluruh proses STNK, BPKB dan Plat Nomer kendaraan akan diurus oleh pihak dealer dan pihak pembeli bisa langsung menggunakannya setelah seluruh proses selesai alias terima beres.

Harga OTR
untuk dealer dalam daerah sama dapat dipastikan akan memiliki nilai jual yang sama. Tetapi untuk dealer di daerah berbeda pasti akan memiliki harga OTR yang berbeda. Perbedaan ini, boleh jadi karena ada biaya distribusi pengirmana kendaraan yang berbeda dan pungutan-pungutan masing-masing daerah juga bisa berbeda.

kursus bisnis internet

Harga OTR sendiri sebenarnya merupakan gabungan dari dua komponen harga, yakni (1) Harga kendaraan tanpa surat surat yang biasa disebut harga Off The Road, (2) Harga biaya balik nama yang biasa disebut harga BBN.

Namun sesuai peraturan, harga OTR belum termasuk dengan biaya pajak progresif dimana pajak progresif ke 2,3,4 dan seterusnya akan dibebankan kepada pemilik kendaraan lebih dari satu unit.

free member bisnis internet marketing