cara simpan semua file website
cara simpan semua file website

Sebenarnya muncul ide untuk mendapatkan cara simpan semua file yang ada di website dikarenakan maswes hendak mengganti platform website lokomedia yang sudah dimodifikasi menjadi wordpress. Kebetulan website bisnis milik klien yang maswes kelola. Sebenarnya dengan mem-backup melalui cpanel dengan fitur compress zip dan backup database sudah cukup. Skrip platform lokomedia bisa dipasang di Xampp secara lokal. Selanjutnya tinggal copas artikel per artikel ke posting wordpress.

Masalahnya laptop maswes tidak bisa menjalankan aplikasi Xampp dikarenakan port-nya selalu bentrok dengan Skipe. Daripada bongkar laptop, akhirnya muncul ide kenapa tidak disimpan saja semua file yang ada di website kemudian browser dijalankan secara offline.

kursus bisnis internet

Googling… nggak perlu lama untuk menemukan cara simpan semua file yang di website. Sebuah website yang baik hati memberikan software secara gratis untuk tujuan tersebut yakni www.httrack.com yang menawarkan free software offline browser. Ukuran file sekitar 4.4 MB tidak besar, tersedia untuk OS Windows, Linux dan Android.

Proses instalasi httrack-3.49.2.exe selesai.. maswes langsung mencoba simpan semua file yang berada di website yang dituju. Jangan lupa tentukan juga folder tujuan untuk menyimpan file yang akan di-download. Lumayan lama proses download-nya karena software ini men-download semua link. Jenis file yang diunduh antara lain html, js, css dan file gambar, jangan berharap bisa mendapatkan file php karena software ini hanya menyimpan halaman website yang ditampilkan di browser. Halaman website yang di download bisa berbeda-beda bergantung pada website itu sendiri yang menampilkan tampilan halaman web-nya.

Oops.. tapi ada beberapa error yang terjadi karena tidak bisa di download, kebanyakan file yang berukuran kecil. Httrack menyediakan error log membuat kamu dapat mengetahui kesalahan yang terjadi setelah proses download selesai.

free member bisnis internet marketing