toko bukuPrediksi penggunaan media cetak digital menggantikan media cetak kertas pada era digital memang benar-benar telah terjadi. Ditambah kemudahan teknologi online, perusahaan media berbasis media kertas mengalami kemerosotan omzet yang sangat besar. Alih-alih mengalami kebangkrutan banyak perusahaan media mulai menggunakan media digital (online) sebagai bentuk bisnis digital baru mereka. Dan strategi tersebut cukup tepat dengan mengikuti perubahan bentuk media.

Walaupun media cetak kertas tetap diterbitkan, koran menjadi salah satu produk publishing jurnalistik yang beradaptasi dengan media digital online. Saat ini produk koran terbagi menjadi dua media dengan muatan berbeda, media cetak kertas dan media digital online dengan perimbangan lebih didominasi oleh media online.

kursus bisnis internet

Dibalik kemudahan media digital online, ternyata produk publishing buku tetap tidak bergeming. Mereka tetap menggunakan media kertas sebagai bentuk produk. Para peminat buku atau pembaca produk ini tidak pernah berharap media baca beralih ke bentuk digital seperti dokumen PDF.

Untuk membaca tulisan melalui media digital  setidak dibutuhkan perangkat digital seperti komputer, tablet atau smartphone. Dibalik kemudahan pemakaiannya, ternyata di sisi lain perangkat digital memiliki beberapa kelemahan menurut para pembaca buku

  • Layar baca pada media digital memancarkan cahaya, sehingga membuat mata menjadi cepat lelah yang membuatnya tidak sesuai untuk membaca tulisan berlama-lama.
  • Membalik lembaran halaman tidak dapat dilakukan oleh media digital. Fitur pagination dan scroll bar bukanlah pengalaman yang menyenangkan bagi pembaca buku.
  • Fitur link dan search ternyata membuat memori otak tidak bekerja dengan baik. Beberapa dekade lalu, sebuah penelitian daya ingat menunjukaan menyimpan nomor telepon di handphone dapat mengurangi turunnya kemampuan daya ingat seseorang.

Lalu, bagaimana dengan koran yang begitu sukses setelah menggunakan media digital online? Jika kita membandingkan muatan koran berbasis kertas dengan koran yang sama berbasis digital, terdapat perbedaan mencolok. Mulai dari pengaturan layout berita hingga jumlah baris tulisannya. Dari sisi ini jelas merupakan strategi baru bagi pemilik koran, memang bahwa segmen pembaca yang memanfaatkan media digital online berbeda dengan koran media cetak kertas.

 

 

free member bisnis internet marketing