Search   Articles Free Classifieds  
Home » Life Style » Health » Cara Jogging Yang Baik dan Benar

April 24 2013 - 04:08:35

Cara Jogging Yang Baik dan Benar

Health Views: 1551 times
Cara Jogging Yang Baik dan Benar
Jogging adalah salah satu aktifitas yang paling murah dan mudah, selain tidak memerlukan alat, olahraga yang satu ini juga tidak membutuhkan tempat olahraga khusus, anda dapat melakukan jogging di sekitarvtempat anda tinggal. selain iu, jogging merupakan olahraga semua umur, dimana baik muda atau tua, dapat melakukan olahraga ini. agar mendapatkan hasil yang maksimal dan terhindar dari cedera saat jogging, maka ada beberapa kiat yang perlu anda lakukan. menurut, Rachmat Wishnu Hidayat, yang merupakan dosen fakultas kedokteran Universitas Indonesia, bahwa jogging merupakan lari santai yang baik untuk meningkatka kesehatan pembuluh darah dan jantung. disamping itu, joggig juga bermanfaat untuk meningkatkan kadar kolestrol baik (HDL) serta menurunkan kadar kolestrol jahat(LDL).

dikarenakan jogging merupakan lari santai, maka ada beberapa hal yang mesti diperhatikan, misalnya adalah ritme nafas, pastikan agar tubuh anda tetap merasa nyaman saat anda menarik dan melepaskan napas, jangan sampai anda terlalu berat dan ngos-ngosan, namanya jogging itu ya harus santai aja. selain itu, anda juga perlu memperhatikan kecpatan lari saat anda jogging, jangan sampai melebihi 6 hingga 8 kilometer per jam. jogging merupakan olahraga lari dengan inyensitas yang sedang, hal tersebut dapat anda lihat saat anda sedang mengobrol apakah terasa berat atau tidak. hal inilah yang membedakan antara jogging dengan running yang memeilki intensitas lebih tinggi dan lebih cepat.

seain itu, yang juga perlu untuk anda lakukan adalah, perhatikan denyut nadi anda, denyut nadi yang tepat saat jogging adalah 64-67 persen dari denyut nadi maksimal. utuk mengetahui jumlah denyut nadi yang tepat untuk anda, adalah dengan menghitung angka 220 dikurangi angka umur anda. supaya jogging lebih aman, dan trhindar dari cedera, sebaiknya anda melakukan pemanasan terlebih dahulu setidaknya selama 3 hingga 5 menit dengan melakukan lari kecil atau jalan cepat dengan kecepatan 5 hingga 7 kilometer per jam. setelah melakukan pemanasan, anda baru bisa jogging dengan lebih nyaman. tidak hanya mebutuhkan pemanasan, anda juga memerlkan pendinginan setelah melakukan aktifitas jogging, yaitu dengan cara berjalan cepat 5 menit, dan dilanjutkan dengan jalan biasa 5 menit, olahraga jogging yang baik adalah dilakukan dalam jangka waktu 150 menit pe minggu, jadi, anda biasa melakukan jogging setiap hari selama 30 menit atau tiga kali seminggu dengan durasi 50 menit per minggunya.
[By shooter]
  tags jogging olahraga kesehatan

Berbagi informasi untuk teman-teman Anda
Share |

Related Articles

Ayo Berkebun, Biar Tubuh Jadi Langsing

Cara Alami Atasi Impotensi Dengan Akupuntur

Inilah Makanan Sehat Setelah Olahraga

Manfaat Susu Kambing Untuk Kesehatan


Related classifieds

Jual Susu Kambing Newgoat Kurma Madu Call : 0816945950 / 2761ebac

Toko Online Usahaini.com!!!solusi Tepat Belanja Hemat!!!!

Toko Online Usahaini.com!!!solusi Tepat Belanja Hemat!!!!

Newgoat Susu Kambing Kurma Madu Dan Susu Kambing Kopi Ginseng!!!solusi Tepat Jaga Kesehatan Tubuh An

Susu Kambing Newgoat Kurma Madu Solusi Tepat Membantu Jaga Kesehatan Tubuh Anda!!!


  Comments (0) | Leave Comment | Disclaimer

* Required
* Not publish but required
* With http://


Mau komen via facebook.. monggo

maswes.com Blog kumpulan artikel informatif dan juga menawarkan kemudahan penjual dan pembeli untuk bertemu, melakukan transaksi dan mendapatkan keuntungan dalam hal jual beli. Disini Anda dapat menemukan ragam produk item baik baru maupun seken dari berbagai sumber penyedia kebutuhan yang inginkan. Sebagai penjual/ penyedia jasa bisa pasang iklan disini untuk dapat menawarkan item produk dengan biaya iklan sangat minimal berarti harga jual bisa menjadi lebih kompetitif.